Selasa, 05 Juni 2012

wabah tomcat meresahkan masyarakat


Nama : Devi Oktaviani  
Kelas : 3Ka21
NPM  : 14109569

FENOMENA WABAH TOMCAT MERESAHKAN MASYARAKAT
Tomcat adalah binatang sejenis serangga yang  merupakan spesies kumbang Paederus fuscipes, Ciri-ciri serangga ini adalah memiliki kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencolok berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya bahwa serangga ini punya racun. Ukurannya sekitar 7-10 mm. Tomcat biasa hidup di persawahan. Pada siang hari, serangga ini biasa terbang di tanaman padi untuk mencari mangsa berupa wereng dan hama padi lainnya.
Bahaya gigitan serangga tomcat semakin merebak di telinga masyarakat, sehingga  sangat meresahkan masyarakat apalagi bagi masyarakat yang wilayah rumahnya dekat perkebunan atau sawah, karena tomcat berhabitat diperkebunan.
Dari sebuah gigitannya akan mengakibatkan rasa gatal dan timbul seperti jamur yang mengerikan. Sebenarnya bukan gigitan yang menyebabkan rasa gatal tersebut, namun dari cairan yang ditinggalkan pada kulit kita. Apaila terkena lendir tomcat yang menempel di kulit, segeralah membilas dengan air dan membawa ke dokter terdekat agar virus gigitan itu tidak menyebar.
Jadi, sebetulnya kumbang Tomcat ini atau paederus fuscipes adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi. Pada malam hari, serangga ini cenderung tertarik pada cahaya lampu.

Cara mengobati serangan Tomcat diantaranya:
1.   Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman,
2.    Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka,
3.   Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk,
4.   Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini,
5.   Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar