Minggu, 03 Juni 2012

Media jejaring sosial mengakibatkan berbagai dampak sosial (Tulisan 6)



Media jejaring sosial  merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut, beberapa media jejaring sosial yang terpopuler yaitu facebook, twitter, linkedin, myspace, friendster, multyply, dan sebagainya. Adapaun beberapa dampak  positif dan negatifnya media jejaring sosial untuk masyarakat.
Dampak positif :
Media jejaring sosial sebagai media penyebaran informasi, kita bisa mengetahui dan menyebarkan informasi lewat foto, atau tulisan dengan waktu yang cepat, sehingga kita tidak ketinggalan terhadap informasi yang mungkin penting yang akan atau sudah kita lakukan, atau mempermudah kita dalam melakukan kegiatan sehari hari dengan informasi yang terbaru.
Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial, misalkan kita memliki keterampilan menulis cerita, menjual atau berbisnis baju dengan melewati  media ini kita bisa menyebarkan tulisan kita atau baju yang kita jual dengan cepat, sehingga jika ada peminat, kita akan cepat mengetahui responnya, dan baju atau tulisan kita pun akan cepat terjual. Dan jika kita ingin mengadakan suatu acara sosial dengan berbagi informasi di media jejaring sosial ini maka semua akses mengenai kebutuhan ataupun orang-orang yang akan mengikutinya lebih mudah didapat.
Memperluas jaringan pertemanan, dengan media ini kita akan cepet memiliki teman baru, bahkan terkadang kita bisa bertemu dengan teman yang sudah lama tidak ada kabar, jadi mempererat tali silaturahmi juga.
Dampak Negatif :
Kejahatan dunia maya (cyber crime),di dunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.
Melemahkan dan menurunkan sensitifitas, penurunan sensitifitas yang dimaksud disini adalah menurunnya tingkat simpati dan empati seseorang terhadap dunia nyata. Dengan jejaring sosial, seseorang cenderung melupakan dunia nyata dan tenggelam didalam dunia maya. Merenggangkan dan mengabaikan sesuatu yang terjadi disekitarnya dan lebih memilih untuk memperhatikan sesuatu yang terjadi didunia maya.
Menyebabkan penyakit maag, kecanduan jejaring sosial ditandai dengan menjamurnya warnet (warung internet) dan warkop free wi-fi. Ini merupakan sebuah kemajuan telak yang dialami masyarakat kita tetapi disisi lain, kemajuan tersebut berdampak nyata pada kondisi kesehatan seseorang. Orang yang berlama-lama didepan komputer cenderung lupa makan. Tentunya hal ini akan menyebabkan penyakit serius. Penyakit yang paling sering dijumpai pada orang-orang yang kecanduan internet adalah sakit maag.
Selain dampak negatif diatas, media jejaring sosial juga menyebabkan banyak kejahatan yang terjadi yang telah beredar di berita seperti hilangnya seseorang, penculikan, dan sebagainya. Kejadian kejahatan itu dimungkinkan karena korban yang cepat percaya terhadap orang yang baru dikenal apalagi di media jejaring sosial, maka kita bisa belajar dari kejadian itu, kita harus pintar dalam menyikapi semua itu.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar