Minggu, 10 April 2011

TUGAS 3(TEORI ORGANISASI UMUM 2)

DEVI OKTAVIANI/14109569/2KA21

TUGAS 3

1.      Pengertian Produsen ?
2.      Fungsi –fungsi  produksi ?
3.      Macam-macam Biaya ?
4.      Penerimaan  atau keuntungan
-          Total
-          Marginal
-          Rata-rata

JAWAB :
1.      Produsen dalam ekonomi adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan.
2.      Fungsi produksi adalah suatu bagian fungsi yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur kegiatan-kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi. Dengan mengatur kegiatan itu maka diharapkan proses produksi akan berjalanlancar dan hasil produksi pun akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh masyarakat pemakainya.
3.      Macam-macam Biaya (cost)
a.      Biaya Pabrikasi :
-          Biaya Langsung : Biaya yang langsung dalam proses produksi suatu barang, bahan baku, dll.
-          Biaya Tidak Langsung : Biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi
b.      Biaya Non-pabrikasi :
-          Biaya Pemasaran yaitu biaya yang diperlukan untuk memperoleh pesanan dan menyediakan produk bagi pelanggan
-          Biaya Administrasi yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengelola organisasi dan menyediakan dukungan bagi karyawan
c.       Departemen :
-          Common Cost (Biaya bersama) yaitu biaya yang berasal dari penggunaan fasilitas atau jasa oleh dua departemen atau lebih.
-          Joint Cost (Biaya Gabungan) yaitu biaya yang terjadi dalam proses produksi yang menghasilkan dua atau lebih produk jadi.
4.      Penerimaan atau keuntungan  :
a.       Total penerimaan (Total revenue : TR), yaitu total penerimaan dari hasil penjualan.
-           Pada pasar persaingan sempurna, TR merupakan garis lurus dari titik origin, karena harga yang terjadi dipasar bagi mereka merupakan suatu yang datum (tidak bisa dipengaruhi), maka penerimaan mereka naik sebanding (Proporsional) dengan jumlah barang yang dijual.
-          Pada pasar persaingan tidak sempurna, TR merupakan garis melengkung dari titik origin, karena masing perusahaan dapat menentukan sendiri harga barang yang dijualnya, dimana mula-mula TR naik sangat cepat, (akibat pengaruh monopoli) kemudian pada titik tertentu mulai menurun (akibat pengaruh persaingan dan substansi).
b.      Penerimaan rata-rata (Avarage Total revenue: AR), yaitu rata-rata penerimaan dari per kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan, yang diperoleh dengan jalan membagi hasil total penerimaan dengan jumlah satuan barang yang dijual.
c.        Penerimaan Marginal (Marginal Revenue : MR), yaitu penambahan penerimaan atas TR sebagai akibat penambahan satu unit output.
-          Dalam pasar persaingan sempurna MR ini adalah konstan dan sama dengan harga (P), dan berimpit dengan kurva AR atau kurva permintaan, bentuk kurvanya horizontal.


TUGAS  4
1.      Pengertian pasar ?
2.      Jenis-jenis pasar ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar